Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Kamis, 05 April 2018 - 15:00:21 WIB
Inspektur Dorong Seluruh Unit Kerja Tingkatkan Maturitas BKN
Diposting oleh : Teamweb
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 52 kali

Tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP merupakan kerangka kerja yang memuat karakteristik dasar yang menunjukkan tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP yang terstruktur dan berkelanjutan. Tingkat maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah adalah tingkat kematangan/kesempurnaan penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah dalam mencapai tujuan pengendalian intern sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.
 
Inspektur BKN A. Darmuji menyatakan bahwa capaian kualitas dari sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) akan berpengaruh langsung terhadap nilai capaian reformasi birokrasi yang dijalankan BKN. Hal ini mengingat salah satu unsur yang akan dinilai dalam audit pelaksanaan reformasi birokrasi adalah implementasi dari sistem pengendalian intern pemerintah. Hal tersebut disampaikannya saat memberikan pemaparan materi terkait dengan SPIP di Kanreg I BKN Yogyakarta pada Kamis (29/03 2018).
 
Inspektur BKN menambahkan, setiap unit kerja harus mampu menyiapkan diri dalam menjalankan setiap mekanisme yang ada dalam pengendalian intern. “Minimal setiap ada pekerjaan harus ada pendokumentasiannya. Hal ini sudah dapat mengarah pada akuntabilitas kinerja” Ungkap Darmuji.
 
Setiap pimpinan wajib melakukan pengendalian internal melalui enam (6) elemen yaitu: peran dan layanan, pengelolaan sumber daya manusia, praktik professional, akuntabilitas dan manajemen kinerja, budaya dan hubungan organisasi, serta struktur dan tata kelola.
 
Kerangka penilaian dari maturitas SPIP terdiri atas enam (6) tingkatan yaitu: “Belum Ada” dengan level 0, “Rintisan” dengan level 1, “Berkembang” dengan level 2, “Terdefinisi” dengan level 3, “Terkelola dan Terukur” dengan level 4, “Optimum” dengan level 5. Setiap tingkat maturitas mempunyai karakteristik dasar yang menunjukkan peran atau kapabilitas penyelenggaraan SPIP dalam mendukung pencapaian tujuan instansi pemerintah.