Informasi

Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Visi BKN : Menjadi Pembina dan Penyelenggara Manajemen Kepegawaian yang Profesional dan Bermartabat Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Segala Pengurusan Kepegawaian Tidak Dipungut Biaya Apapun...; Melayani Dengan Peduli Ikhlas dan Bertanggung Jawab Melayani dengan Peduli, Iklas dan Bertanggungjawab ... ;
Kamis, 06 Februari 2014 - 14:36:37 WIB
KANREG I BKN MENYELESAIKAN USUL PENETAPAN NIP CPNS FORMASI UMUM 2013
Diposting oleh : ridlowi
Kategori: Kepegawaian - Dibaca: 7484 kali

Tahun 2013 pemerintah kembali menggelar seleksi CPNS dari jalur pelamar umum secara transparan, obyektif, adil, dan tentunya bebas dari KKN,. Hal ini merupakan salah satu pengungkit terbesar reformasi birokrasi di seluruh kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah. Setelah dilakukan pengumuman secara terbuka melalui berbagai media yang mudah dijangkau oleh masyarakat, maka pada bulan November 2013 telah dimulai pelaksanaan tes diberbagai wilayah di Jawa Tengan dan DIY.

Dalam seleksi CPNS dari jalur pelamar umum, terdapat 13 provinsi/kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DIY yang mendapat formasi. Ke-13 Prov/Kab/Kota tersebut adalah: Provinsi Jawa Tengah, DIY, Kabupaten Kudus, Kabupaten Cilacap, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Kendal, Kota Pekalongan, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Pati, Kota Megalang, dan Kota Surakarta. Dari ke-13 tersebut, Provinsi Jawa Tengah dan Kota Salatiga menyelenggarakan test dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), sementara yang lainnya pelaksanaan test menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK) yang dilaksanakan serentak pada 3 November 2013.

Setelah pelaksanaan tes pada bulan Novemver, sesuai dengan jadwal pada bulan Desember telah diumumkan daftar peserta tes yang dinyatakan lolos, sehingga dapat diusulkan dalam penetapan NIP-nya. Berkenaan dengan hal tersebut, mulai awal januari 2014 Kantor Regional I BKN Yogyakarta telah melakukan proses penetapan NIP bagi para peserta tes CPNS dari jalur pelamar umum formasi tahun 2013 di wilayah Jawa Tengah dan DIY yang telah dinyatakan lolos seleksi tes, baik yang menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK) maupun Computer Assisted Test (CAT).

Dalam kegiatan penetapan NIP, petugas akan melakukan klarifikasi terkait dokumen-dokumen peserta yang lolos tes, dimana dokumen tersebut harus dilampirkan oleh instansi dalam penyampaian usul penetapan NIP. Beberapa dokumen tersebut diantaranya: Usul Penetapan NIP oleh Instansi, Ijazah, Transkip Nilai, Daftar Riwayat Hidup, Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah, Surat Pernyataan Siap Ditempatkan Di seluruh Wilayah NKRI, SKCK, serta Surat pernyataan rencana penempatan CPNS.  

Meskipun telah lolos tes CPNS beberapa waktu lalu, hal tersebut tidak secara otomatis menjadi jaminan dalam pemberian NIP. Semua berkas usulan yang masuk akan dilakukan verifikasi kembali sesuai dengan ketentuan umum Perka BKN No. 9 Tahun 2012 tentang pelaksanaan pengadaan CPNS. Beberapa substansi yang paling menjadi fokus perhatian dalam verifikasi diantaranya adalah kesesusian data pribadi seperti nama dan tempat tanggal lahir antara data yang telah diajukan dengan data yang tertuang dalam ijazah. Para peserta yang telah ditetapkan NIP ini nantinya dapat diterbitkan Surat Keputusan Pengangkatan CPNS oleh Pejabat Pembina Kepegawaian masing-masing daerah dengan TMT 1 Februari 2013.

Sebagai catatan, dalam proses penetapan NIP CPNS formasi umum tahun 2013 ini sementara terdapat satu berkas usulan dari peserta tes CPNS Daerah Istimewa Yogyakarta yang tidak memenuhi syarat (TMS) dikarenakan terdapat permasalahan terkait dengan usia. Seperti diketahui, batas maksimal usia untuk dapat diangkat menjadi CPNS selama tidak memiliki pengalaman kerja adalah 35 tahun. Namun, peserta yang satu ini telah berusia 36 tahun sehingga meskipun secara normatif telah mampu lolos seleksi CPNS yang diselenggarakan Provinsi DIY, berkas usul penetapan NIP tetap tidak dapat diterbitkan. (Rdl)

Berikut tabulasi sementara berkas usul yang telah ditetapkan oleh Kanreg I BKN Yogyakarta.

Prov/Kab/Kota

Formasi

Usul

Ditetapkan

Prov. Jateng

205

205

205

Kab. Semarang

40

39

39

Kab. Kendal

30

27

27

Kab. Pati

40

40

40

Kab. Kudus

50

50

50

Kab. Purbalingga

40

40

40

Kota Semarang

40

40

40

Kota Salatiga

40

39

39

Kota Pekalongan

50

44

44

Kota Magelang

35

35

35

Kota Surakarta

34

34

34

Prov. DIY

120

119

119